Nama :
Desy Riska Sari
Prodi
:
Teknologi Pendidikan (Semester 2)
Mata
kuliah : Desain Instruksional
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Buku Pedoman
Desain Percakapan untuk Aplikasi
Instruksional
Rocci Luppicini
Universitas Ottawa, Kanada
Dalam
pembahasan ini memperkenalkan kerangka konseptual dalam desain percakapan. Landasan
teori dan historis untuk memahami desain percakapan sebagai bidang penelitian
dan praktik yang baru muncul. Selama 40 tahun terakhir, tubuh multidisiplin
yang semakin berkembang kerja telah berfokus pada percakapan dan desain dalam
berbagai konteks yang luas dan menyediakan gambaran selektif dari badan kerja
yang beragam ini, dalam berbagai bidang khususnya. Deskripsi skeletal latar
belakang historis, akar teoretis, dan pendekatan utama ditawarkan untuk
membantu menempatkan pembaca dalam bidang yang muncul ini.
Pembahasan
diakhiri dengan melihat aplikasi praktis dalam percakapan desain untuk abad
ke-21. Yang kita tahu, Pengertian Percakapan adalah pusat
dalam interaksi manusia. Dalam arti yang paling umum, percakapan adalah
pertukaran berita dan gagasan yang diucapkan secara informal antara dua atau
lebih orang ”. Percakapan dalam konteks pendidikan dan instruksi biasanya
melibatkan pertukaran ide dan proses mental antara pembicara dan pendengar
(selanjutnya disebut sebagai percakapan agen). Apa itu proses percakapan?
Mengapa proses percakapan penting? Bagaimana proses percakapan beroperasi dan
di mana bisa ditemukan? Bagaimana seharusnya kita menerapkan percakapan proses
untuk memajukan pembelajaran dan instruksi?
Proses
percakapan terus berlanjut, proses tersebut dapat berisi sosial, kognitif, dan
informasi emotif mewakili (membimbing / mempengaruhi) apa yang dilakukan dan
dirasakan oleh agen situasi khusus. Agen dan proses mungkin terjadi dalam
individu, antar individu, antara entitas individu dan buatan, dan antara
entitas buatan. Proses percakapan memberikan dasar untuk berbagai kegiatan,
seperti: Refleksi pribadi, Tutorial instruksional, Tanggal pertama, Pertandingan
sepak bola, Komunitas agama dan moral. Desain percakapan ditandai dengan
munculnya teori percakapan dan pendekatan desain sangat cocok untuk sifat
manusia yang multifaset berpikir dan belajar dalam teknologi yang kompleks dan
konteks sosial. Dalam beberapa kasus, percakapan pendekatan desain
diperkenalkan untuk meningkatkan peluang untuk interaksi siswa dalam kelas
besar. Percakapan efektif terjadi ketika keyakinan dinegosiasikan melalui
interaksi dan berevolusi melalui sasaran. Dengan bersamaan, tujuan
dinegosiasikan dan berkembang melalui interaksi. Percakapan seperti itu adalah proses
desain. Demikian pula, desain di mana konstruksi yang diusulkan dinegosiasikan
dan berevolusi ke arah sasaran, sementara sasaran untuk desain dinegosiasikan
dan dikembangkan adalah proses percakapan. Dengan mengeksplorasi hubungan
antara aktivitas desain dan percakapan khususnya sebagai dikembangkan dalam
Teori Percakapan Gordon Pask.
Desain
dan percakapan dilihat sebagai analog, jadi desain itu dapat dipahami sebagai
percakapan yang diadakan, umumnya, dengan diri (melalui kertas dan pensil).
Saya berpendapat bahwa desain telah menjadi aktivitas percakapan sejak lama
sebelum kami mulai menjelajahi percakapan, dan bahwa pendidikan desain itu
sendiri, juga percakapan. Dengan demikian, pendekatan percakapan adalah sudah
norma dalam pendidikan desain. Manfaat mempertimbangkan desain dan percakapan
bersama di pengaturan pendidikan tidak begitu banyak untuk meningkatkan satu
atau yang lain, tetapi untuk memahami masing-masing lebih baik melalui cermin
yang diberikan. Aspek lain dari desain (seperti kerja sosial di studio) adalah
juga terkait dengan pemahaman percakapan ini. Dikatakan bahwa desain adalah
alternatif, kuat dan cara dasar bekerja dan berada di dunia, bukan ilmu yang
buruk, dan percakapan. Teori membantu kita lebih memahami kekuatannya dan
keabsahannya.
Pendekatan
dengan literatur saat ini tentang bidang yang berkembang dari e-learning
sebagai komponen penting untuk akuisisi pengetahuan. Percakapan dan dialog secara
sederhana didefinisikan sebagai pertukaran informasi antar siswa dan
instruktur. Pertukaran ini bisa bersifat informal seperti percakapan atau lebih
formal seperti dialog (Merriam-Webster, 1974). Pask mengembangkan teori
percakapannya berdasarkan pada pertukaran informasi antara manusia dan
kecerdasan buatan, yaitu komputer.
Lingkungan
e-learning siap diamati kursus komputer online di semua tingkatan kelas dan
bidang subjek di sekolah, di pendidikan tinggi, dan di dunia korporat.
Pengamatan sederhana dari pertumbuhan jumlah lingkungan e-learning cukup untuk
mengkomunikasikan pentingnya kemajuan teknologi, seperti halnya penemuan ini
dan penyebaran mesin cetak. Diketahui bahwa penggunaan komputer berkembang dan
menjadikannya alat produktif dalam pendidikan untuk fasilitasi belajar, sangat
penting untuk mengeksplorasi teoritis mereka dan landasan konseptual, jadi
bagaimana cara yang benar mengintegrasikan komputer ke dalam kelas dapat
terpelajar.
Percakapan
dan Desain untuk Aplikasi Instruksional di Era elektronik
menawarkan teknologi yang memiliki potensi besar untuk memberdayakan
percakapan. Membahas dan memperkenalkan model untuk pengkodean diskusi
elektronik. Diskusi elektronik telah menjadi alat yang khas untuk mengajar di
lingkungan pembelajaran online. Selain itu, diskusi elektronik asynchronous
biasanya digunakan untuk: (1) mempersiapkan siswa untuk face to menghadapi
diskusi dalam waktu kelas berikutnya, (2) memperkenalkan bacaan baru dalam
persiapan untuk pertemuan kelas berikutnya, (3) mendiskusikan suatu topik yang
membutuhkan penyelidikan lebih lanjut daripada waktu kelas diperbolehkan, (4)
anggota kelas wawancara, dan (5) menyediakan forum terbuka untuk diskusi yang
dipimpin oleh minat siswa. Berikut macam-macam desain dalam percakapan :
· Desain
Percakapan dalam Umur Diskusi Elektronik (Gregory MacKinnon Universitas Acadia,
Kanada)
· Desain
dan Diskusi Kursus Terpadu (Kit Hang Leung Universitas McGill, Kanada)
· Bimbingan
Belajar Online sebagai Desain Percakapan (Guadalupe de la Cruz Mendoza Aldea Communicación
Creativa, Meksiko, Nick Kearney Florida Universitaria, Spanyol)
· Percakapan
instruksional: Merancang Dialog ke Memperdalam Belajar Lorraine Sherry
(University of Colorado di Denver, AS Shelley H. Billig RMC Research
Corporation - Denver, AS)
· Membuat
Papan Buletin Online Pekerjaan Dialog: Desain Percakapan untuk Bangunan
Jaringan Pengetahuan Melalui Praktek Reflektif (Gülsün Kurubacak Universitas
Anadolu, Turki)
· Merancang
Percakapan Online untuk Melibatkan Praktik Lokal: Implikasi dari Membangun
Pengetahuan Kerangka (Alyssa Wise Simon Fraser University, Kanada Thomas M.
Duffy, Universitas Indiana, AS)
Komentar
Posting Komentar