TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Nama             : Desy Riska Sari
Prodi             : Teknologi Pendidikan (Semester 2)
Mata kuliah   : Desain Instruksional
Dosen            : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Buku Pedoman
Desain Percakapan untuk Aplikasi Instruksional
Rocci Luppicini
Universitas Ottawa, Kanada
Dalam pembahasan ini memperkenalkan kerangka konseptual dalam desain percakapan. Landasan teori dan historis untuk memahami desain percakapan sebagai bidang penelitian dan praktik yang baru muncul. Selama 40 tahun terakhir, tubuh multidisiplin yang semakin berkembang kerja telah berfokus pada percakapan dan desain dalam berbagai konteks yang luas dan menyediakan gambaran selektif dari badan kerja yang beragam ini, dalam berbagai bidang khususnya. Deskripsi skeletal latar belakang historis, akar teoretis, dan pendekatan utama ditawarkan untuk membantu menempatkan pembaca dalam bidang yang muncul ini.
Pembahasan diakhiri dengan melihat aplikasi praktis dalam percakapan desain untuk abad ke-21. Yang kita tahu, Pengertian Percakapan adalah pusat dalam interaksi manusia. Dalam arti yang paling umum, percakapan adalah pertukaran berita dan gagasan yang diucapkan secara informal antara dua atau lebih orang ”. Percakapan dalam konteks pendidikan dan instruksi biasanya melibatkan pertukaran ide dan proses mental antara pembicara dan pendengar (selanjutnya disebut sebagai percakapan agen). Apa itu proses percakapan? Mengapa proses percakapan penting? Bagaimana proses percakapan beroperasi dan di mana bisa ditemukan? Bagaimana seharusnya kita menerapkan percakapan proses untuk memajukan pembelajaran dan instruksi?
Proses percakapan terus berlanjut, proses tersebut dapat berisi sosial, kognitif, dan informasi emotif mewakili (membimbing / mempengaruhi) apa yang dilakukan dan dirasakan oleh agen situasi khusus. Agen dan proses mungkin terjadi dalam individu, antar individu, antara entitas individu dan buatan, dan antara entitas buatan. Proses percakapan memberikan dasar untuk berbagai kegiatan, seperti: Refleksi pribadi, Tutorial instruksional, Tanggal pertama, Pertandingan sepak bola, Komunitas agama dan moral. Desain percakapan ditandai dengan munculnya teori percakapan dan pendekatan desain sangat cocok untuk sifat manusia yang multifaset berpikir dan belajar dalam teknologi yang kompleks dan konteks sosial. Dalam beberapa kasus, percakapan pendekatan desain diperkenalkan untuk meningkatkan peluang untuk interaksi siswa dalam kelas besar. Percakapan efektif terjadi ketika keyakinan dinegosiasikan melalui interaksi dan berevolusi melalui sasaran. Dengan bersamaan, tujuan dinegosiasikan dan berkembang melalui interaksi. Percakapan seperti itu adalah proses desain. Demikian pula, desain di mana konstruksi yang diusulkan dinegosiasikan dan berevolusi ke arah sasaran, sementara sasaran untuk desain dinegosiasikan dan dikembangkan adalah proses percakapan. Dengan mengeksplorasi hubungan antara aktivitas desain dan percakapan khususnya sebagai dikembangkan dalam Teori Percakapan Gordon Pask.
Desain dan percakapan dilihat sebagai analog, jadi desain itu dapat dipahami sebagai percakapan yang diadakan, umumnya, dengan diri (melalui kertas dan pensil). Saya berpendapat bahwa desain telah menjadi aktivitas percakapan sejak lama sebelum kami mulai menjelajahi percakapan, dan bahwa pendidikan desain itu sendiri, juga percakapan. Dengan demikian, pendekatan percakapan adalah sudah norma dalam pendidikan desain. Manfaat mempertimbangkan desain dan percakapan bersama di pengaturan pendidikan tidak begitu banyak untuk meningkatkan satu atau yang lain, tetapi untuk memahami masing-masing lebih baik melalui cermin yang diberikan. Aspek lain dari desain (seperti kerja sosial di studio) adalah juga terkait dengan pemahaman percakapan ini. Dikatakan bahwa desain adalah alternatif, kuat dan cara dasar bekerja dan berada di dunia, bukan ilmu yang buruk, dan percakapan. Teori membantu kita lebih memahami kekuatannya dan keabsahannya.
Pendekatan dengan literatur saat ini tentang bidang yang berkembang dari e-learning sebagai komponen penting untuk akuisisi pengetahuan. Percakapan dan dialog secara sederhana didefinisikan sebagai pertukaran informasi antar siswa dan instruktur. Pertukaran ini bisa bersifat informal seperti percakapan atau lebih formal seperti dialog (Merriam-Webster, 1974). Pask mengembangkan teori percakapannya berdasarkan pada pertukaran informasi antara manusia dan kecerdasan buatan, yaitu komputer.
Lingkungan e-learning siap diamati kursus komputer online di semua tingkatan kelas dan bidang subjek di sekolah, di pendidikan tinggi, dan di dunia korporat. Pengamatan sederhana dari pertumbuhan jumlah lingkungan e-learning cukup untuk mengkomunikasikan pentingnya kemajuan teknologi, seperti halnya penemuan ini dan penyebaran mesin cetak. Diketahui bahwa penggunaan komputer berkembang dan menjadikannya alat produktif dalam pendidikan untuk fasilitasi belajar, sangat penting untuk mengeksplorasi teoritis mereka dan landasan konseptual, jadi bagaimana cara yang benar mengintegrasikan komputer ke dalam kelas dapat terpelajar.
Percakapan dan Desain untuk Aplikasi Instruksional di Era elektronik menawarkan teknologi yang memiliki potensi besar untuk memberdayakan percakapan. Membahas dan memperkenalkan model untuk pengkodean diskusi elektronik. Diskusi elektronik telah menjadi alat yang khas untuk mengajar di lingkungan pembelajaran online. Selain itu, diskusi elektronik asynchronous biasanya digunakan untuk: (1) mempersiapkan siswa untuk face to menghadapi diskusi dalam waktu kelas berikutnya, (2) memperkenalkan bacaan baru dalam persiapan untuk pertemuan kelas berikutnya, (3) mendiskusikan suatu topik yang membutuhkan penyelidikan lebih lanjut daripada waktu kelas diperbolehkan, (4) anggota kelas wawancara, dan (5) menyediakan forum terbuka untuk diskusi yang dipimpin oleh minat siswa. Berikut macam-macam desain dalam percakapan :
·      Desain Percakapan dalam Umur Diskusi Elektronik (Gregory MacKinnon Universitas Acadia, Kanada)
·      Desain dan Diskusi Kursus Terpadu (Kit Hang Leung Universitas McGill, Kanada)
·      Bimbingan Belajar Online sebagai Desain Percakapan (Guadalupe de la Cruz Mendoza Aldea Communicación Creativa, Meksiko, Nick Kearney Florida Universitaria, Spanyol)
·      Percakapan instruksional: Merancang Dialog ke Memperdalam Belajar Lorraine Sherry (University of Colorado di Denver, AS Shelley H. Billig RMC Research Corporation - Denver, AS)
·      Membuat Papan Buletin Online Pekerjaan Dialog: Desain Percakapan untuk Bangunan Jaringan Pengetahuan Melalui Praktek Reflektif (Gülsün Kurubacak Universitas Anadolu, Turki)
·      Merancang Percakapan Online untuk Melibatkan Praktik Lokal: Implikasi dari Membangun Pengetahuan Kerangka (Alyssa Wise Simon Fraser University, Kanada Thomas M. Duffy, Universitas Indiana, AS)






Komentar